Penyebab Jarum Jam Tangan Tidak Bergerak

Seiring berjalannya waktu, jam tangan juga bisa mengalami penurunan performa. Masalah yang paling sering dialami adalah jarum jam tangan tidak bergerak. Meskipun begitu, tentu saja dibeberapa kasus jam tangan tersebut tidak mati total alias masih bisa diselamatkan. Ada beberapa penyebab jarum jam tangan tidak bergerak yang sering sekali terjadi.

Setiap makhluk hidup bahkan benda yang ada di dunia ini pasti memiliki usia atau masa pakainya. Meskipun tidak sampai rusak atau mati total, setiap benda pasti mengalami penurunan kualitas atau performa. Begitu juga dengan jam tangan yang merupakan aksesoris favorit setiap orang ini, lalu apa saja penyebabnya? Yuk simak penjelasan kami dibawah ini.

Penyebab Jarum Jam Tangan Tidak Bergerak

1. Baterai Sudah Habis

jarum jam tangan tidak bergerak karena baterai sudah habis

Baterai yang habis merupakan penyebab jam tangan mati yang paling sering kita jumpai. Kita semua tahu bahwa jam tangan ini bekerja 24 jam tanpa henti, sehingga tidak perlu heran jika baterainya cepat habis. Terlebih lagi jam tangan modern yang beredar dipasaran pada saat ini sangat kaya sekali akan fitur yang membuat baterai jam tangan semakin cepat terkuras.

Rata-rata baterai jam tangan habis dalam kurun waktu 2-4 tahun tergantung dengan merek jam tangan dan juga kualitasnya. Namun tak jarang juga yang baru satu tahun tapi baterainya sudah habis. Namun kalian tidak perlu khawatir karena, solusinya adalah kalian cukup mengganti baterai jam tangan dengan yang baru karena harganya juga tidak menguras dompet.

Cara memasang baterai jam tangan juga sangat mudah sekali jika kalian memiliki obengnya di rumah, jika kalian tidak tahu bagaimana caranya kalian bisa menonton tutorialnya di Youtube. Namun jika kalian tidak berani untuk melakukannya sendiri, kalian bisa serahkan ke jasa servis jam tangan.

2. Terkena Air

penyebab jarum jam tangan tidak bergerak karena terkena air

Beberapa jam tangan memang sudah dibekali dengan fitur water resistant dan juga waterproof. Namun tidak semua jam tangan sudah dibekali fitur tersebut, bahkan jam tangan water resistant saja masih bisa mati ataupun rusak apabila terkena air terlalu banyak atau dalam.

Baca: Arti Water Resistant Pada Jam Tangan

Jarum jam tangan tidak bergerak yang diakibatkan oleh terkena air hitungannya masih bisa diselamatkan dan masih ada kemungkinan untuk normal kembali apabila segera ditangani. Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara menjemur jam tangan kalian agar bisa segera kering.

Namun apabila setelah dijemur tidak ada tanda-tanda kehidupan maka kalian harus membongkar jam tangan kalian, karena takutnya air sudah menyerap kedalam komponen jam tangan kalian. Karena jika dibiarkan terus-menerus bisa menimbulkan jamur dan juga karat yang nantinya bisa membuat jam tangan kalian tidak terselamatkan lagi alias mati total.

3. Terpapar Daya Magnet

jarum jam tangan tidak bergerak karena terpapar daya magnet

Penyebab jarum jam tangan tidak bergerak yang selanjutnya adalah jam tangan terpapar daya magnet. Kinerja jam tangan bisa terganggu apabila diletakkan dekat benda-benda yang mengandung magnet. Sedangkan kehidupan kita sehari-hari berada didekat benda-benda tersebut seperti smartphone, laptop dan juga yang lainnya.

Salah satu solusi paling ampuh untuk menghindari masalah ini adalah dengan menyimpannya di tempat yang jauh dari benda-benda yang sudah kami sebutkan diatas apabila sudah selesai digunakan. Kalau hal tersebut tidak bisa kalian lakukan, maka sudah waktunya bagi kalian untuk membeli jam tangan anti magnetik.

4. Terlalu Lama Disimpan

jam tangan mati karena terlalu lama disimpan

Tahukah kalian kalau penyebab jarum jam tangan tidak bergerak juga bisa terjadi karena jam tangan terlalu lama disimpan atau tidak digunakan. Mengapa seperti itu? Karena bisa jadi jam tangan yang kalian simpan itu menjadi lembab karena tidak pernah dikeluarkan.

Jam tangan yang lembab lama-kelamaan akan menimbulkan jamur dan juga karat yang bisa merusak komponen jam tangan. Jadi meskipun jam tersebut hanya kalian koleksi saja, sebisa mungkin harus dikeluarkan setidaknya setiap 6 bulan sekali. Akan lebih baik juga apabila kalian menaruh silica gel di tempat kalian menyimpan jam tangan.

5. Mesin Jam Tangan Sudah Soak

jam tangan mati karena mesin jam tangan sudah soak

Apabila usia jam tangan kalian sudah mulai tua, maka hal ini adalah hal yang sangat lumrah terjadi. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa setiap benda memiliki umurnya dan juga pasti akan mengalami penurunan kinerja. Jika mesin jam tangan sudah soak maka kalian harus segera bawa ke tempat servis jam tangan di sekitar kalian.

Demikian 5 penyebab jarum jam tangan tidak bergerak yang harus kalian perhatikan. Jika jam tangan kalian mengalami kejadian yang serupa, maka identifikasilah terlebih dahulu mengapa jarum jam tangan kalian bisa mati dan tidak bergerak. Jika sudah ditemukan penyebabnya, maka kalian akan semakin mudah dalam mencari solusinya.

Jika kalian sudah tidak bisa mengatasinya sendiri maka kalian harus segera mengunjungi jasa servis jam tangan terdekat di kota kalian agar bisa segera diperbaiki.

1 thought on “Penyebab Jarum Jam Tangan Tidak Bergerak”

Leave a Comment