10 Penyebab Baterai Jam Tangan Cepat Habis

Setiap benda pasti memiliki masa pakai atau usianya masing-masing, begitu juga dengan baterai jam tangan. Pasti ada saatnya kalian melihat jam tangan kalian mati padahal baru mengganti baterainya tanpa tahu apa penyebab baterai jam tangan cepat habis tersebut.

Selain dari faktor masa pakai atau usia, tentunya ada hal-hal lain yang menyebabkan baterai jam tangan kalian menjadi cepat habis dan mungkin kalian tidak sadari. Melalui artikel ini kami akan menjelaskan penyebabnya secara lengkap agar dapat kalian mengerti dengan mudah. Silahkan simak penjelasan berikut ini.

10 Penyebab Baterai Jam Tangan Cepat Habis

1. Usia Baterai Jam Tangan Sudah Tua

baterai jam tangan boros

Seperti yang kami bilang barusan, bahwa baterai jam tangan memiliki masa pakainya sendiri dan tentu saja lama-kelamaan akan mati. Untuk beberapa merek jam tangan yang terkenal bagus, biasanya baterai jam tangan akan bertahan 2 hingga 4 tahun. Namun banyak juga yang baru genap satu tahun namun baterainya sudah mulai diganti.

Intinya jika kalian tidak merasa melakukan kesalahan yang fatal pada jam tangan kalian seperti terjatuh atau kemasukan air lalu tiba-tiba mati, maka bisa jadi baterai jam tangan kalian sudah minta diganti. Jadi pastikan cek terlebih dahulu ya!

2. Baterai Jam Tangan Terkena Air

kenapa baterai jam tangan cepat habis

Air memang menjadi musuh utama semua benda elektronik yang ada di dunia ini. Bisa jadi sebenarnya baterai jam tangan kalian belum habis, namun jam tangan kalian menjadi mati karena baterainya terkena air. Terlebih lagi jika jam tangan kalian belum dilengkapi dengan fitur water resistant atau waterproof maka sudah dipastikan bahwa air lah penyebabnya.

Baca: Arti Water Resistant Pada Jam Tangan

Hindari menggunakan jam tangan jika kalian sedang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, terlebih jika jam tangan kalian belum dilengkapi dengan fitur water resistant atau waterproof.

3. Baterai Telah Rusak Secara Fisik

mengatasi baterai jam tangan boros

Penyebab baterai jam tangan cepat habis yang paling jarang disadari adalah karena baterai telah rusak secara fisik. Baterai jam tangan juga bisa memiliki kemungkinan untuk rusak apabila jam tangan kalian sering terjatuh ataupun tertekan benda lainnya yang mungkin kalian tidak sadari.

Benturan yang cukup kuat secara terus menerus bisa mengakibatkan fisik baterai menjadi rusak dan lama kelamaan akan membuat jam tangan kalian mati dan harus segera menggantinya.

4. Fitur Chronograph Selalu Aktif

menghemat baterai jam tangan chronograph

Jika kalian menggukakan jenis jam tangan chronograph maka kalian harus memastikan fitur chronograph pada jam tangan kalian sudah mati jika sudah tidak digunakan lagi. Jam tangan chronograph menggunakan daya yang sangat extra ketika fitur chronograph nya diaktifkan. Jadi cukup gunakan ketika diperlukan, dan jangan lupa dimatikan jika sudah tidak digunakan agar baterai jam tangan kalian tidak cepat habis.

Baca: Apa Itu Chronograph Pada Jam Tangan?

5. Keseringan Membiarkan Baterai Sampai Benar-Benar Habis

baterai apple watch boros

Kalau tadi kami menjelaskan penyebab untuk jam tangan biasa, sekarang kami akan menjelaskan untuk para pengguna smartwatch seperti Apple Watch salah satunya. Perlu kalian ketahui bahwa membiarkan baterai jam tangan smartwatch kalian sampai habis itu merupakan kebiasaan yang buruk dan dapat menurunkan performa baterai.

Kalian harus segera charge sebelum benar-benar habis, dan akan lebih baik lagi apabila kalian mematikan smartwatch kalian apabila telah selesai digunakan. Agar masa pakai baterai jam tangan kalian bisa lebih lama lagi.

6. Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background

baterai smartwatch boros

Penyebab baterai jam tangan cepat habis yang selanjutnya adalah banyak aplikasi yang berjalan di background smartwatch kalian. Matikan aplikasi yang menurut kalian tidak terlalu penting untuk berjalan di background, karena aplikasi yang berjalan secara terus menerus akan membuat baterai jam tangan kalian menjadi cepat habis.

7. Brightness Terlalu Tinggi

cara menghemat baterai smartwatch

Brightness yang terlalu tinggi juga dapat menguras baterai jam tangan pintar kalian dengan cepat. Kalian harus mengaturnya di pengaturan, dan juga mematikan fitur Always On apabila kalian merasa penggunaan baterai smartwatch kalian terlalu boros.

8. Menggunakan Fitur Wake Screen

cara agar baterai smartwatch tidak boros

Fitur wake screen merupakan penyebab baterai jam tangan cepat habis karena wake screen adalah sebuah fitur yang dimana layar smartwatch kalian akan menyala secara otomatis setiap kalian mengangkat tangan meskipun itu tidak disengaja. Jadi sebaiknya kalian non aktifkan saja fungsi tersebut agar penggunaan baterai jam tangan pintar kalian lebih optimal.

9. Terlalu Banyak Notifikasi

tips menghemat baterai jam tangan

Smartwatch memang terkenal karena fungsinya yang dapat menampilkan notifikasi pada smartphone kalian tanpa perlu membuka smartphone itu sendiri. Meskipun membuat aktivitas kalian lebih praktis dan mudah, namun fitur ini tanpa sadar justru sangat menguras baterai jam tangan pintar kalian. Apalagi jika notifikasi yang muncul sangat sering.

10. Tidak Mengaktifkan Power Saving Mode

cara membuat baterai smartwatch tidak cepat habis

Jika kalian ingin baterai jam tangan kalian menjadi lebih hemat, kalian bisa memanfaatkan fitur bawaan yang rata-rata sudah hadir di setiap model smartwatch saat ini yaitu power saving mode. Dengan menggunakan fitur ini, sistem akan mengoptimalkan dan juga membatasi setiap aplikasi yang berjalan ketika jam tangan sedang tidak kalian gunakan.

Demikian 10 penyebab baterai jam tangan cepat habis yang bisa kalian pahami, setelah membaca artikel ini semoga kalian bisa mengoptimalkan penggunaan baterai jam tangan kalian agar tidak cepat habis lagi. Cari tahu terlebih dahulu penyebabnya, lalu coba terapkan satu-satu lalu buktikan mana yang paling efektif dan sesuai dengan situasi kalian.

Leave a Comment