Macam-Macam Bahan Jam Tangan yang Wajib Untuk Kalian Ketahui

Bagi kalian yang memiliki hobi mengoleksi jam tangan tentu saja harus memahami macam-macam bahan jam tangan agar kalian paham bagaimana cara untuk merawatnya. Mengapa seperti itu? Karena setiap bahan yang digunakan dalam pembuatan jam tangan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Dengan memahami macam-macam bahan jam tangan beserta dengan karakteristiknya, kalian akan lebih bisa memahami jam tangan seperti apa yang cocok untuk diri kalian. Tak hanya itu saja, setiap bahan yang digunakan dalam pembuatan jam tangan yang kalian gunakan juga mempengaruhi segi estetika dan juga ketahanannya.

Macam-Macam Bahan Jam Tangan

1. Stainless Steel

bahan jam tangan stainless steel

Bahan Stainless steel merupakan bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatan jam tangan. Stainless steel sering dipilih sebagai bahan jam tangan karena harganya yang cukup terjangkau, ringan dan tentunya anti karat. Meskipun seperti itu, banyak juga jam tangan dari berbagai macam brand mewah dan mahal yang menggunakan bahan stainless steel.

2. Emas

bahan jam tangan emas

Macam-macam bahan jam tangan yang selanjutnya adalah emas, kalian tentu saja sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini. Setiap benda yang berbahan emas, tentu saja memberikan kesan yang mahal dan juga mewah. Agar memiliki daya tahan yang kuat, biasanya para pembuat jam mencampur emas dengan bahan lain seperti nikel, alumunium, perak dan juga tembaga.

Terdapat 3 jenis dari emas yang diantaranya adalah:

Emas Kuning

Jenis emas ini merupakan bahan yang paling sering digunakan dalam benda apapun yang mengandung emas. Untuk memberikan warna yang sempurna, emas kuning biasanya dikombinasikan lagi dengan bahan lain seperti perak dan juga tembaga. Kesan elegan yang ditimbulkan oleh emas kuning membuatnya masih dikagumi oleh orang-orang hingga sekarang.

Baca: 15 Bagian-Bagian Jam Tangan dan Fungsinya

Emas Putih

Apabila dilihat secara sekilas, emas putih ini hampir mirip dengan stainless steel, bedanya emas putih sedikit lebih berat. Emas putih merupakan gabungan dari emas murni dengan nikel, tembaga, seng dan juga paladium. Emas putih sering dijadikan pilihan oleh orang-orang karena terlihat lebih modern dan elegan apabila dibandingkan dengan emas kuning yang terkesan tua dan kuno.

Rose Gold

Rose gold menjadi pilihan favorit para wanita karena warnanya yang khas dan juga menimbulkan kesan feminim. Untuk membuat Rose gold diperlukan untuk mencampur emas murni dengan tembaga dan juga perak. Selain digunakan sebagai bahan jam tangan, rose gold juga sering digunakan pada pembuatan smartphone ataupun aksesoris lainnya.

3. Titanium

bahan jam tangan titanium

Titanium merupakan bahan yang sering digunakan untuk jam tangan diving dan juga jam tangan sports. Tentu saja itu bukan tanpa alasan, karena titanium ini merupakan bahan yang tahan akan korosi.

Selain itu, titanium juga sangat kuat karena mampu menahan benturan yang kuat apabila terjatuh. Mengejutkannya lagi, titanium ini lebih ringan daripada stainless steel sehingga sangat sempurna sekali untuk diterapkan kedalam pembuatan jam tangan.

4. Karbon

bahan jam tangan karbon

Bahan ini sering sekali digunakan sebagai bahan jam tangan G-SHOCK karena karbon memiliki ketahanan yang sangat ekstrim dan tahan benturan. Karbon juga memiliki tampilan yang sangat keren karena permukaannya yang kasar yang menimbulkan kesan gagah.

5. Keramik

bahan jam tangan keramik

Jam tangan dengan bahan keramik sangat terkenal akan permukaannya yang sangat berkilau, sehingga bahan ini sering ditemukan di beberapa merek jam tangan mewah. Keramik merupakan sebuah tanah liat yang dikeraskan, bahan ini dipilih sebagai bahan jam tangan karena tahan panas dan juga anti goresan. Namun tetap saja kalian harus berhati-hati, meskipun jam tangan dengan bahan keramik ini anti gores, jam tangan dengan bahan keramik tetap rentan rusak. Jadi pastikan jangan sampai terjatuh ya, karena dapat memecahkan case jam tangan.

6. Tungsten

bahan jam tangan tungsten

Tungsten merupakan bahan jam tangan yang bagus karena merupakan bahan yang kuat dan juga tahan goresan. Jam tangan berbahan dasar tungsten biasanya sangat cocok sekali untuk berbagai kegiatan outdoor. Jam tangan berbahan tungsten juga sangat langka sekali karena jarang ditemui, sehingga menjadikan jam tangan dengan bahan ini semakin unik.

7. Platinum

bahan jam tangan platinum

Macam-macam bahan jam tangan yang selanjutnya adalah platinum. Ini merupakan bahan yang paling sering digunakan pada pembuatan jam tangan mewah kelas atas. Platinum juga diklaim 30 kali lebih langka dibandingkan emas dan juga memiliki daya tahan yang luar biasa. Platinum juga biasanya 95% berwarna putih bersih dan alami, namun meski seperti itu platinum tidak mudah kotor atau terkena noda.

8. Perunggu

bahan jam tangan perunggu

Bahan yang satu ini bisa dibilang masih cukup jarang digunakan sebagai bahan jam tangan. Namun beberapa tahun terakhir ini jam berbahan dasar perunggu mulai viral di pasaran, salah satunya adalah jam tangan Tudor Black Bay Bronze yang menarik perhatian banyak orang.

9. Plastik

bahan jam tangan plastik

Bahan yang selanjutnya adalah plastik. Plastik merupakan bahan yang bisa ditemukan dimana-mana karena plastik merupakan bahan sintetis yang dapat diproduksi dengan mudah dan juga dengan harga yang murah. Selain itu plastik juga mudah dibentuk untuk berbagai kebutuhan apapun.

Selain digunakan sebagai bahan pembuatan case jam tangan, plastik juga sering digunakan untuk membuat crystal jam tangan khususnya crystal akrilik. Plastik sering dipilih karena bobotnya yang ringan dan juga bisa menahan guncangan yang tidak terlalu keras.

10. Kaca

bahan jam tangan kaca

Macam-macam bahan jam tangan yang selanjutnya adalah kaca. Kaca tentu saja digunakan dalam pembuatan crystal jam tangan. Kaca merupakan campuran dari pasir yang meleleh, soda abu dan juga batu kapur yang kemudian dibakar dengan suhu tinggi dan dibentuk seperti yang diinginkan.

Perlu kalian ketahui bahwa kaca yang digunakan sebagai bahan jam tangan tentu saja bukan kaca biasa seperti yang digunakan untuk peralatan makan dan gelas, melainkan menggunakan kristal mineral agar bisa menahan benturan yang lumayan kuat ketika diaplikasikan kedalam jam tangan.

11. Safir

bahan jam tangan safir

Batu safir merupakan bahan yang dikenal sangat keras dan juta sangat tahan terhadap goresan. Itulah yang menyebabkan safir sering digunakan untuk membuat crystal jam tangan untuk memanfaatkan sifat anti goresnya. Selain itu, jam tangan yang menggunakan crystal safir juga akan terlihat berkilau.

Itulah yang menyebabkan safir sering digunakan di berbagai merek jam tangan mewah dan menambah nilai jual dari jam tangan tersebut.

12. Elastomer

bahan jam tangan elastomer

Jam tangan G-SHOCK sering sekali menggunakan bahan elastomer ini. Elastomer merupakan bahan yang terdiri dari semua jenis polimer yang bersifat kental dan juga elastis seperti karet. Jam tangan yang diperuntukkan untuk berolahraga biasanya menggunakan bahan yang satu ini.

Kelemahan dari jam tangan dengan bahan elastomer ini terletak pada bagian strapnya. Seiring bertambahnya usia, strap elastomer akan semakin rapuh dan lama-kelamaan akan putus sehingga kalian harus menggantinya.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai macam-macam bahan jam tangan yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga penjelasan yang kami berikan cukup jelas dan bisa menjawab semua rasa kebingungan kalian.

Leave a Comment