Cara Membersihkan Jam Tangan Karet

Jam tangan dengan strap karet yang salah satu contohnya seperti G-SHOCK memang sering menjadi pilihan banyak orang karena materialnya yang cukup kuat dan juga nyaman digunakan untuk berbagai macam aktivitas. Namun kekurangannya adalah, jam tangan yang menggunakan strap karet lebih mudah kotor. Meskipun begitu, kalian tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan kepada kalian mengenai cara membersihkan jam tangan karet yang efektif dan mudah dilakukan.

Alasan Mengapa Jam Tangan Karet Mudah Kotor

cara membersihkan jam tangan karet yang menghitam

Jam tangan karet sebenarnya tidak sepenuhnya terbuat dari karet melainkan hanya menyerupai karet saja. Karena umumnya jenis jam tangan ini menggunakan material seperti silikon dan juga resin yang menyerupai karet. Bahan seperti ini terkesan lengket sehingga keringat dan juga debu dapat menempel dengan mudah, sehingga lama-kelamaan akan menumpuk dan juga terlihat kotor bahkan hingga warnanya memudar.

Sehingga dapat dipastikan apabila kalian sering melakukan aktivitas outdoor maka strap karet jam tangan kalian akan semakin mudah kotor. Bagi kalian yang sering melakukan aktivitas surfing dan juga snorkeling, perlu kalian ketahui bahwa air laut juga bisa menimbulkan noda pada jam tangan karet kalian dikarenakan kandungan garamnya.

Cara Membersihkan Jam Tangan Karet

cara membersihkan strap jam tangan karet

Bagi kalian yang memiliki jam tangan karet yang sudah terkena noda atau sudah menghitam, kalian tidak perlu khawatir karena sekarang kami akan menjelaskan bagaimana cara membersihkannya secara efektif dan mudah. Namun pertama-tama kalian harus menyiapkan Baking Soda, Alkohol, Pasta Gigi (Berwarna putih), Kapas, Sikat Gigi dan juga Air Bersih terlebih dahulu. Jika semuanya sudah siap, silahkan simak langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Cara Menghilangkan Noda Pada Jam Tangan Karet

Untuk dapat membersihkan jam tangan karet yang menghitam ataupun menghilangkan nodanya, kalian bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  1. Melepaskan strap jam tangan kalian terlebih dahulu agar lebih aman, karena tidak semua jenis jam tangan yang menggunakan strap karet itu water resistant.
  2. Oleskan pasta gigi ke bagian jam tangan yang kalian rasa kotor, menghitam ataupun terkena noda. Setelah itu langsung ratakan menggunakan sikat gigi, namun jika nodanya tidak terlalu pekat maka menggunakan jari juga sudah cukup.
  3. Bilas dengan air bersih terlebih dahulu untuk melihat apakah noda sudah hilang atau belum. Jika sudah hilang maka kalian bisa berhenti sampai di langkah ketiga ini, namun jika nodanya masih ada kalian harus lanjut ke langkah yang selanjutnya.
  4. Siapkan kapas lalu tuangkan alkohol dan usapkan pada bagian kotor yang terdapat pada jam tangan karet kalian. Setelah itu bilas lagi menggunakan air bersih dan tunggu hingga kering. Jika nodanya masih belum hilang, maka lanjut ke langkah selanjutnya.
  5. Campurkan baking soda dengan sedikit air bersih hingga bentuknya menyerupai pasta.
  6. Oleskan pasta tersebut ke bagian jam tangan karet yang menghitam atau terkena noda lalu sikat secara halus menggunakan sikat gigi.
  7. Sesudah disikat dengan halus, bilas menggunakan air bersih. Biasanya apabila sudah sampai langkah ini, noda sepekat apapun akan hilang dari permukaan jam tangan karet kalian.

Cara Lain yang Bisa Kalian Coba

Apabila kalian merasa cara diatas sulit atau cukup ribet untuk dilakukan, kalian bisa mencoba beberapa cara alternatif berikut ini:

1. Menggunakan Karet Penghapus

cara menghilangkan noda pada jam tangan karet

Untuk menghilangkan noda pada jam tangan karet kalian yang diakibatkan oleh debu, keringat ataupun noda lainnya kalian bisa mencoba untuk membersihkannya menggunakan karet penghapus. Gosokan saja pada bagian yang kotor, apabila nodanya ringan biasanya bisa langsung hilang. Namun jika tidak hilang, maka kalian harus menggunakan cara yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

2. Menggunakan Kain Basah

cara membersihkan strap jam tangan karet menggunakan kain basah

Cara membersihkan jam tangan karet yang selanjutnya adalah membersihkannya menggunakan kain basah. Kalian bisa menyiapkan sehelai kain halus (microfiber) yang sudah dibasahi dengan air bersih lalu lap pada bagian yang kotor. Cara ini simpel ini bisa kalian lakukan setiap hari agar kebersihan jam tangan karet kalian selalu terjaga.

3. Menggunakan Minyak Kayu Putih

cara membersihkan jam tangan karet menggunakan minyak kayu putih

Oleskan sedikit minyak kayu putih pada bagian jam tangan karet yang menghitam atau terdapat noda, kemudian gosok secara perlahan menggunakan kain halus (microfiber). Gosok secara perlahan hingga nodanya terangkat.

Lalu siapkan kain halus baru yang sudah direndam air hangat, kemudian gosok ke semua bagian yang sudah terkena minyak kayu putih tadi agar tidak licin dan juga untuk menghilangkan aromanya.

4. Menggunakan Sabun Cuci Piring

cara menghilangkan noda pada jam tangan karet menggunakan sabun cuci piring

Siapkan sebuah mangkuk kecil yang berisi air hangat, kemudian tuangkan 3 hingga 5 tetes sabun cuci piring kedalam mangkuk tersebut lalu aduk hingga larut. Masukkan strap jam tangan karet kalian kedalam mangkuk yang berisi air sabun tersebut, kemudian rendam selama kurang lebih 5 menit.

Jika sudah, angkat dan juga gosok menggunakan kain halus lalu bilas dengan air bersih. Jika jam tangan karet kalian dirasa sudah bersih maka langsung saja keringkan.

5. Mengganti Strap Karet Jam Tangan Kalian

mengganti strap jam tangan karet yang kotor

Apabila kalian sudah mencoba seluruh cara diatas namun noda pada jam tangan karet kalian tak kunjung menghilang, maka itu artinya sudah waktunya untuk mengganti strap karet jam tangan kalian. Umumnya strap jam tangan karet akan terjaga kualitasnya sekitar 2 hingga 4 tahun saja, selebihnya warnanya akan mulai memudar.

Baca: Arti Water Resistant Pada Jam Tangan

Terlebih lagi jika kalian sering melakukan aktivitas diluar ruangan, tentunya kualitasnya akan menurun dengan cepat. Sehingga apabila kalian sudah membersihkannya semaksimalkan mungkin namun tak kunjung ada perubahan, maka segera ganti strap jam tangan kalian agar kembali terlihat seperti baru lagi.

Cara Merawat Jam Tangan Karet Agar Tidak Mudah Kotor

cara merawat jam tangan karet

Setelah kalian memahami bagaimana cara menghilangkan noda pada jam tangan karet yang baik dan benar, sekarang kalian juga harus paham bagaimana cara merawatnya agar tidak mudah kotor. Karena jika jam tangan karet kalian terlalu sering kotor, maka tentu saja akan menimbulkan rasa malas dalam membersihkannya. Jadi silahkan simak tips berikut ini:

  • Simpan jam tangan karet kalian didalam laci yang kering dan juga barengi dengan silica gel agar tidak lembab.
  • Jangan menggunakan jam tangan karet ketika pergelangan tangan kalian sedang berkeringat ataupun basah.
  • Jauhkan dari benda padat atau tajam lainnya agar jam tangan kalian tidak tergores.
  • Lap dengan menggunakan kain halus (microfiber) atau tisu basah setiap kali selesai digunakan.

Itulah dia berbagai macam cara membersihkan jam tangan karet yang bisa kalian coba di rumah dengan mudah. Dalam membersihkan jam tangan karet perlu kalian ingat untuk selalu menggunakan kain halus (microfiber) agar tidak memberikan goresan yang membekas.

Apabila noda yang terdapat pada jam tangan karet kalian tidak terlalu pekat maka sebaiknya hindari penggunakan sikat gigi, dan cukup menggunakan kain halus (microfiber) saja. Setelah selesai dibersihkan jangan lupa untuk langsung keringkan agar tidak menimbulkan karat dan juga membuat komponen lainnya menjadi rusak. Sekian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Cara Membersihkan Jam Tangan Karet”

Leave a Comment