15 Bagian-Bagian Jam Tangan dan Fungsinya

Pernahkah kalian mengalami sebuah kendala atau kerusakan pada suatu bagian jam tangan namun kalian bingung untuk menyebutnya karena tidak tahu namanya? Jika seperti itu, kalian tak perlu malu karena masih banyak sekali orang yang tidak mengetahui nama bagian-bagian jam tangan dan fungsinya.

Kalian perlu untuk mengetahui nama dari setiap bagian jam tangan, agar kalian bisa lebih mudah dalam mencari solusi di internet ataupun ketika menjelaskan masalah atau kendala yang terjadi pada jam tangan kalian kepada tempat servis jam tangan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak penjelasan lengkap mengenai bagian-bagian jam tangan dan fungsinya berikut ini.

Bagian-Bagian Jam Tangan

1. Bezel

bagian bagian jam tangan dan fungsinya

Bezel adalah sesuatu yang bentuknya bulat menyerupai cincin dan mengelilingi pinggiran jam tangan kalian. Tampilannya pun bermacam-macam, ada yang polos dan juga ada yang memiliki desain tertentu.

Pada beberapa jam tangan, contohnya seperti jam tangan diverbezel biasanya dapat diputar baik itu searah ataupun dua arah. Bahan yang digunakan untuk pembuatan bezel sendiri bermacam-macam, ada yang dibuat menggunakan logam dan ada juga yang menggunakan ceramic.

2. Case

bagian bagian strap jam tangan

Case merupakan bodi jam tangan yang berfungsi sebagai tempat sekaligus pelindung dari setiap komponen yang ada di dalam jam tangan. Biasanya case dibuat dengan menggunakan bahan plastik, ceramic dan logam. Namun pada beberapa jam mewah, ada juga case yang terbuat dari emas, platinum dan rhodium.

3. Crown

crown jam tangan

Crown merupakan sebuah kenop kecil menyerupai sekrup yang bisa kalian putar dan terletak di sisi jam tangan. Umumnya crown ini berfungsi untuk mengatur jarum jam tangan kalian, namun pada jam tangan mechanical, crown berfungsi untuk melakukan winding mainspring.

4. Crystal

crystal jam tangan

Bagian kaca pada jam tangan disebut dengan sebutan crystalCrystal berfungsi sebagai penutup dial sekaligus melindungi jam tangan dan mengurangi pantulan cahaya. Umumnya bahan yang digunakan untuk crystal ini adalah kaca dan plastik. Namun di beberapa jam tangan mewah ada juga yang menggunakan sapphire sintetis.

5. Dial

dial jam tangan

Bagian-bagian jam tangan yang selanjutnya adalah dialDial adalah tempat dari jarum jam tangan (hand) beserta angkanya (hour marker) atau bagian yang kalian lihat ketika ingin melihat waktu. Begitu juga dengan jam digital seperti G-SHOCK, bagian pada layar yang menunjukkan waktu bisa kalian sebut juga sebagai dial.

6. Hand

hand jam tangan

Hand adalah jarum jam tangan, baik itu jarum jam, menit dan juga detik. Fungsinya sudah jelas sekali yaitu untuk penunjuk waktu.

7. Hour Marker

hour marker jam tangan

Hour Marker adalah angka 1 sampai 12 yang terdapat pada jam. Namun hour marker juga ada berbagai jenis, ada yang berupa angka seperti yang sering kita temukan dan ada juga yang berupa garis. Semua tergantung dari model dan juga desain jam tangan kalian.

8. Lugs

lugs jam tangan

Lugs merupakan penghubung case dengan strap jam tangan. Kalian bisa mengganti strap jam tangan kalian dengan cara melepaskannya dari lugs kemudian memasangkannya kembali dengan strap yang baru.

9. Strap

strap jam tangan

Strap adalah tali jam tangan yang berfungsi untuk mengikat jam tangan ke pergelangan tangan kalian. Bahan yang digunakan untuk membuat strap sendiri bermacam-macam, ada yang menggunakan karet, kulit, stainless steel atau bahkan emas.

Baca: Cara Membersihkan Jam Tangan Karet

10. Pusher

pusher jam tangan

Pusher adalah tombol-tombol yang terdapat pada bagian sisi jam tangan. Biasanya pusher terletak diantara crownPusher sendiri memiliki berbagai macam fungsi ada yang berfungsi untuk mengatur stopwatch, timer dan ada juga yang untuk mengatur tanggal.

11. Jewel

jewel jam tangan

Jewel adalah sebuah batu ruby atau sapphire berukuran kecil yang terdapat di dalam mesin jam tangan kalian. Fungsi dari jewel adalah sebagai bearing untuk gir agar dapat meminimalisir friksi.

12. Rotor

rotor jam tangan

Rotor merupakan sebuah piringan logam yang memiliki berat tertentu dan dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Fungsi dari sebuah rotor adalah untuk menggerakan jam tangan automatic.

13. Movement

movement jam tangan

Movement ini simpelnya adalah mesin jam tangan yang fungsinya tentu saja untuk membuat jarum jam tangan dapat bergerak.

14. Exhibition Caseback

exhibition caseback jam tangan

Exhibition caseback merupakan bagian paling belakang case yang berfungsi sebagai tempat menaruh movement dan juga komponen lainnya. Bahan yang digunakan untuk exhibition caseback biasanya adalah sapphire dan juga mineral lainnya.

15. Subdial

subdial jam tangan

Subdial adalah dial tambahan berukuran kecil yang terdapat pada dial utama. Biasanya subdial terdapat pada jam tangan chronograph yang fungsinya untuk menampilkan detik.

Baca: Apa Itu Chronograph Pada Jam Tangan?

Sekarang kalian sudah mengetahui apa saja bagian-bagian jam tangan dan fungsinya. Komponen pada jam tangan ini memang sangat banyak sekali, baik itu yang menunjang dari segi fungsi maupun dari segi estetika. Karena kalian sekarang sudah paham, kalian bisa lebih percaya diri untuk menjelaskan hal apapun itu mengenai jam tangan kepada teman kalian ataupun ketika datang ke tempat servis jam tangan.

1 thought on “15 Bagian-Bagian Jam Tangan dan Fungsinya”

Leave a Comment