Arti Water Resistant Pada Jam Tangan

Masih banyak sekali orang yang kebingungan mengenai arti water resistant pada jam tangan dan terkadang masih banyak sekali yang salah mengartikannya. Karena apabila pemahaman kalian salah maka resikonya adalah jam tangan yang kalian punya bisa menjadi rusak. Jadi untuk menghindari resiko-resiko tersebut, yuk pahami dulu arti dari water resistant yang sebenarnya agar tidak salah lagi.

Arti Water Resistant Pada Jam Tangan

Water resistant pada jam tangan artinya adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa ditahan oleh jam tersebut apabila dimasukkan kedalam air tanpa merusak jam tangan itu sendiri. Namun meskipun seperti itu, bukan berarti angka water resistant yang tertulis pada jam itu sama dengan angka kedalaman airnya, karena masih banyak lagi variabel lain yang mempengaruhi tekanan dalam air. Seperti ombak, pergerakan air dan juga hal-hal lainnya yang bisa menambah angka tekanan air.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa angka water resistant yang tertulis pada jam itu hanya dites di air dengan kondisi statis dan juga dengan suhu tertentu, sehingga akan sedikit berbeda dengan realitanya.

Jenis-Jenis Satuan Water Resistant Pada Jam Tangan

Satuan Water Resistant Pada Jam Tangan

Bagi kalian yang sering membeli jam tangan tentunya sering sekali melihat istilah ATM, BAR dan juga ISO 6425. Namun apakah kalian paham mengenai satuan yang sering digunakan tersebut? Istilah-istilah tersebut merupakan satuan yang paling sering digunakan untuk menunjukkan tingkatan water resistant dari sebuah jam tangan. Perlu kalian ketahui bahwa 1 ATM = 1 BAR = 10 meter. Jadi jangan sampai salah lagi ya! Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya:

  • ATM: ATM merupakan singkatan dari Atmosphere Pressure yang dimana istilah ini digunakan untuk menunjukkan ketahanan jam tangan terhadap tekanan udara. Sehingga semakin tinggi angkanya maka semakin kuat jam tersebut menahan tekanan udara didalam air.
  • BAR: BAR merupakan satuan yang digunakan untuk menunjukkan seberapa tahan jam didalam air tanpa harus merusak fungsi dan juga tingkat akurasinya.
  • ISO 6425: Tag ISO 6425 merupakan standar resmi yang digunakan pada setiap jam tangan diver. Apabila kalian melihat jam tangan yang dilabeli ISO 6425 maka sudah dipastikan bahwa jam tersebut sanggup untuk digunakan dalam kegiatan diving profesional. Jam yang memiliki tag ISO 6425 memiliki daya tahan khusus seperti toleransi terhadap air laut yang asin, medan magnet, significant shock dan juga tetap bisa terlihat meskipun dalam keadaan gelap total dikedalaman air.

Macam-Macam Tingkatan Water Resistant Pada Jam Tangan

1. Water Resistant 3 ATM/ 3 BAR/ 30 Meter

Banyak sekali orang yang salah mengartikan arti water resistant pada jam tangan yang satu ini. Meskipun berlabel 3 ATM/ 3 BAR/ 30 Meter, jangan pernah sekalipun kalian mencoba untuk menggunakannya sampai kedalaman air 30 meter. Sebenarnya jam dengan tingkatan water resistant ini merupakan yang paling rendah dan hanya bisa menahan percikan air dan juga terkena hujan dengan intensitar rendah saja.

Apabila kalian seorang muslim, kalian bisa menggunakan jam ini sambil berwudhu, namun apabila dipakai mandi dan juga berenang jam dengan water resistant 3 ATM/ 3 BAR/ 30 Meter ini tidak akan sanggup.

2. Water Resistant 5 ATM/ 5 BAR/ 50 Meter

Jam tangan dengan tingkat water resistant 5 ATM/ 5 BAR/ 50 Meter sudah bisa menahan tekanan air yang lumayan besar. Sehingga apabila kalian memiliki jam tangan dengan tingkatan water resistant ini, kalian sudah bisa menggunakannya untuk berenang, mandi bahkan terkena hujan yang sangat deras sekalipun. Namun kalian tetap perlu memperhatikan usia dari jam tangan kalian, karena apabila sudah terlalu tua maka daya tahannya akan semakin berkurang dan bisa menimbulkan kerusakan.

3. Water Resistant 10 ATM/ 10 BAR/ 100 Meter

Jam tangan dengan tingkat water resistant 10 ATM/ 10 BAR/ 100 Meter bisa kalian gunakan didalam air untuk jangka waktu yang cukup lama. Jam dengan tingkat water resistant ini bahkan sudah bisa kalian bawa untuk snorkeling, namun untuk kegiatan tersebut kalian tidak direkomendasikan untuk melakukannya dalam waktu lama.

4. Water Resistant 20 ATM/ 20 BAR/ 200 Meter

Jam tangan dengan tingkatan water resistant ini sering kita jumpai pada jam tangan jenis diver. Namun meskipun begitu, tidak direkomendasikan untuk kalian melakukan penyelaman yang terlalu dalam, karena jam ini hanya sanggup di kedalaman rendah atau sedang agar aman. Tapi keunggulannya kalian sudah bisa menggunakan jam tangan ini untuk snorkeling dalam jangka waktu yang cukup lama apabila dibandingkan dengan jam tangan water resistant 10 ATM/ 10 BAR.

5. Water Resistant 30 ATM/ 30 BAR/ 300 Meter

Arti water resistant pada jam tangan 30 ATM/ 30 BAR/ 300 Meter adalah kalian bisa menggunakan jam tangan ini untuk kegiatan diving profesional. Jam tangan dengan jenis ini memang dirancang untuk mampu menahan tekanan air yang sangat tinggi. Apalagi jika sudah mendapatkan standar ISO 6425, maka itu sudah dapat dipastikan sangat aman.

Kurang lebih seperti itulah simpelnya mengenai arti dari water resistant pada jam tangan yang bisa kalian pahami. Banyak juga orang yang sering membahas water resistant vs waterproof, sebenarnya apa sih perbedaan dari keduanya? Apabila kalian juga kebingungan, maka jangan khawatir karena kami juga akan membahasnya sekarang.

Perbedaan Waterproof dan Water Resistant Pada Jam Tangan

Perbedaan Waterproof dan Water Resistant Pada Jam Tangan

Masih banyak sekali orang yang salah mengartikan mengenai waterproof dan juga water resistant karena hanya karena anti air, bukan berarti semuanya sama. Jadi mari kita pahami apa saja bedanya.

Jam Tangan Waterproof

Jam tangan waterproof merupakan kasta tertinggi dalam istilah anti air, karena jam tangan yang dilabeli waterproof sudah pasti tahan dalam kondisi terkena air hingga ekstrim sekalipun. Jam tangan waterproof tidak akan mengembun meski terkena air. Terdapat skala yang bernama Ingress Protection Rating yang digunakan untuk mengukur seberapa efektif jam tangan dalam menahan rembesan air.

Apabila nilainya diatas 7 maka sudah pasti jam yang kalian gunakan benar-benar tahan air dan juga aman bahkan dikedalaman laut dengan tekanan air yang tinggi sekalipun.

Jam Tangan Water Resistant

Jam tangan water resistant merupakan kasta terendah dalam istilah anti air, karena meskipun jam tangan ini tahan air namun tidak boleh apabila terlalu lama. Karena lama kelamaan air akan merembes kedalam, sehingga akan mengembun atau bahkan rusak. Sehingga kalian harus lebih berhati-hati dengan jam tangan yang satu ini, terlebih lagi apabila usia jam tangan kalian sudah terlalu tua. Karena semakin tua jam tangan, maka fitur water resistant nya akan semakin berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Itulah dia cara mudah mengetahui perbedaan waterproof dan water resistant pada jam tangan. Setelah membaca penjelasan diatas, apabila ditanya waterproof vs water resistant mana yang lebih baik, tentunya kalian sudah bisa menjawabnya bukan?

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai arti water resistant pada jam tangan, semoga bisa membantu kalian semua dalam memahami keterangan water resistant. Sekarang kalian sudah bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan jam tangan kalian sebagaimana mestinya agar aman dan umurnya lebih panjang.

3 thoughts on “Arti Water Resistant Pada Jam Tangan”

Leave a Comment