Apa Itu Chronograph Pada Jam Tangan?

Tentunya kalian sering sekali menemukan istilah chronograph pada jam tangan. Namun jika kami tanya kepada kalian apa itu chronograph pada jam tangan apakah kalian bisa menjawabnya? Jika tidak, kalian tak perlu khawatir karerna tentunya masih banyak sekali orang yang belum memahami apa arti dari chronograph yang sebenarnya.

Apa Itu Chronograph Pada Jam Tangan?

apa arti chronograph

Hal yang paling sering dipertanyakan ini sebenarnya memiliki arti yang sangat simpel sekali dan sangat mudah dipahami. Singkatnya chronograph itu adalah sebuah stopwatch. Jika stopwatch biasanya berupa perangkat tersendiri ataupun sekarang ini sudah terdapat pada smartphone.

Nah kalau chronograph ini adalah stopwatch yang terpasang didalam struktur mesin jam tangan. Chronograph sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya pencatat waktu. Pada tahun 1800-an jam chronograph sering digunakan untuk menghitung waktu pada lomba balapan kuda, yang dimana jam chronograph ini ditemukan oleh seorang pembuat jam asal Perancis yang bernama Nicolas Rieussec.

Bahkan hingga sekarang, sudah banyak sekali jam-jam chronograph dari berbagai macam merek jam tangan terkenal dan juga desain yang sangat modern. Bahkan banyak juga orang yang menyukai jam jenis chronograph karena diklaim lebih terlihat keren dan juga elegan.

Kelebihan Jam Tangan Chronograph

Seperti yang kami jelaskan diatas jam tangan chronograph memiliki desain yang unik dan juga cukup rumit sehingga menimbulkan kesan mewah dan elegan. Tak sedikit juga orang yang mengesampingkan fitur utamanya yaitu sebagai stopwatch hanya karena suka dengan desainnya saja.

Namun sudah jelas kelebihan dari jam tangan chronograph yang paling utama tentu saja karena bisa digunakan sebagai stopwatch untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi jika kalian memiliki pekerjaan yang berhubungan dan diharuskan untuk kegiatan menghitung waktu, tentunya jam tangan chronograph akan sangat membantu aktivitas kalian.

Untuk kekurangannya sepertinya jam tangan chronograph hanya tidak cocok untuk orang yang tidak suka jam tangan yang tebal, dikarenakan pada jam chronograph terdapat pusher atau tombol tambahan menjadikan jam tangan jenis ini terkesan tebal dan berat.

Ciri-Ciri Jam Tangan Chronograph

Berbicara soal ciri-ciri dari jam tangan chronograph hal yang paling mudah untuk membedakannya adalah tentu saja dari subdial nya. Jam tangan chronograph biasanya hadir dengan 2 atau 3 subdial atau bulatan kecil yang terdapat pada dial utama. Subdial tersebut menunjukkan berapa jam, menit dan juga detik yang telah berlalu.

Baca: Penyebab Jarum Jam Tangan Tidak Bergerak

Perlu kalian ketahui bahwa jarum jam detik pada jam tangan chronograph akan selalu behenti di angka 12. Kalian perlu mengaktifkan chronograph terlebih dahulu untuk membuatnya berputar. Namun bukan berarti kalian tidak bisa melihat detik menggunakan jam ini, kalian tetap bisa melihatnya melalui bagian subdial detik. Lalu ciri-ciri jam tangan chronograph yang selanjutnya adalah pada jam ini terdapat 2 pusher (tombol) tambahan yang diletakkan diantara crown.

Jenis-Jenis Jam Tangan Chronograph

Setelah kalian memahami apa itu chronograph pada jam tangan, alangkah lebih baiknya juga apabila kalian mengenali jenis-jenisnya. Sekarang ini terdapat 4 jenis jam tangan chronograph, apa saja itu?

1. Flyback Chronograph

jam tangan flyback chronograph

Flyback chronograph merupakan jenis yang paling banyak ditermukan pada saat ini. Ciri-ciri jam tangan jenis ini adalah memiliki dua pusher (tombol) diantara crown nya. Tombol atas biasanya berfungsi untuk start dan juga stop sedangkan tombol bawahnya berfungsi untuk melakukan reset jarum detik chronograph agar kembali ke posisi awal yaitu angka 12.

2. One Button Chronograph

jam tangan one button chronograph

Jam tangan jenis ini sedikit lebih ribet dalam mengoperasikannya karena hanya terdapat satu tombol chronograph saja sesuai dengan namanya. Sehingga kalian tidak bisa menghitung waktu yang terinterupsi dan harus melakukan reset stopwatch secara manual untuk mengembalikan jarum detik ke angka 12.

3. Split Second Chronograph

jam tangan split second chronograph

Jenis jam tangan chronograph ini memiliki 3 buah pusher (tombol) dan juga memiliki dua buah jarum detik pada dial utamanya. Salah satu fitur yang paling khas dari split second chronograph adalah kemampuannya untuk melakukan split second atau menghitung dua waktu secara bersamaan. Ketika kalian menekan tombol split second, jarum yang lainnya akan terus berputar sementara jarum yang satunya akan berhenti. Jenis jam chronograph ini sangat cocok sekali untuk kalian yang hobi berolahraga seperti berlari, renang ataupun bersepeda.

4. Tachymeter Scale

tachymeter pada jam tangan

Tachymeter sebenarnya bukanlah jenis jam chronograph melainkan sebuah fitur tambahan yang terdapat pada beberapa jam chronograph. Merek jam yang pertama dan juga paling sering memberikan fitur ini pada jam chronograph nya adalah TAG HeuerTachymeter berfungsi untuk mengukur kecepatan pada suatu jarak tertentu, Tachymeter ini bisa kalian temukan di bagian bezel jam tangan chronograph kalian.

Cara Menggunakan Jam Tangan Chronograph

cara menggunakan jam tangan chronograph

Sekarang kalian sudah memahami apa itu chronograph pada jam tangan dan juga jenis-jenisnya. Kami yakin bahwa masih banyak sekali diantara kalian yang belum tau bagaimana cara memakai fitur chronograph pada jam tangan. Jika kalian adalah salah satunya, maka kalian harus simak cara berikut ini:

  • Tekan pusher (tombol) bagian atas untuk memulai chronograph. Cara melihat bahwa fungsi chronograph telah berfungsi adalah dengan cara melihat jarum detik stopwatch yang awalnya diam di angka 12 menjadi mulai berputar.
  • Tekan kembali pusher (tombol) bagian atas apabila kalian ingin memberhentikan atau melakukan pause sementara. Jika ingin melanjutkan kembali, kalian tinggal tekan kembali tombolnya hingga jarum detik stopwatch berputar kembali.
  • Lalu untuk cara kerja subdial menit dan jam adalah seperti ini, apabila satu menit sudah berlalu maka jarum pada subdial menit akan bergerak begitu juga dengan subdial jam, apabila satu jam sudah berlalu maka jarum pada subdial jam akan bergerak. Dengan seperti ini kalian bisa menjadi tahu sudah berapa lama fitur chronograph atau stopwatch pada jam tangan kalian aktif.
  • Apabila kalian sudah selesai menggunakan fitur chronograph pada jam tangan kalian, kalian diharuskan untuk melakukan reset agar semua jarum kembali ke posisi semula yaitu ke angka 12. Cara melakukan reset adalah dengan cara menekan reset pusher atau tombol paling bawah.
  • Apabila kalian memiliki jam tangan berjenis split second chronograph, tombol ketiga yang terletak dibagian sebelah kiri berfungsi untuk memisah waktu. Sehingga apabila tombol tersebut kalian pencet maka satu jarum detik akan berhenti sementara jarum detik yang satunya akan tetap berputar.
  • Perlu diingat bahwa kalian harus melakukan reset setelah menggunakan fitur chronograph, karena jika tidak stopwatch akan melanjutkan berjalan dari waktu terakhir jarum berhenti.
  • Langkah terakhir ini merupakan yang paling penting yaitu kalian harus memberhentikan fitur chronograph apabila telah selesai digunakan. Karena secara logika saja, apabila fitur tersebut terus-menerus berjalan maka akan mengakibatkan baterai jam tangan kalian cepat habis. Jadi pastikan untuk memberhentikannya terlebih dahulu.

Kurang lebih seperti itulah penjelasan dari kami mengenai apa itu chronograph pada jam tangan, semoga penjelasan dari kami cukup jelas dan bisa untuk kalian pahami dengan mudah. Apabila kalian sedang mencari rekomendasi jam tangan chronograph mungkin kedepannya kami akan membuat artikelnya. Stay tuned ya!

Leave a Comment